Selasa, 21 Februari 2012

Cara mengoperasikan blog

CARA MENGOPERASIKAN BLOG


Banyak dikalangan para Pemula yang menyatakan, “Tidak mudah mengaplikasikan blog,” “Blog tidak semudah friendster,” “Masih bingung gimana sih mengoperasikan blog…?,” “Blog bikin jangar…!,” “Ko sulit ya mengoperasikan Blog…?,” “Gimana sih blog ini, ko susah ya…!”
Sebenarnya apa faktor yang mengakibatkan “unek-unek” tersebut terlontar? Faktor utama tentu saja karena “is a brand new” bagi kalangan Pemula merupakan “barang baru” karena sesuatu yang baru inilah sehingga pengaplikasian blog dirasa sangat menyusahkan.
Adakah solusinya? Tentu saja ada dan selalu saja ada solusi untuk segala masalah termasuk permasalah susahnya mengoperasikan blog! Bukankah Allah Swt berfirman, setiap kesulitan itu ada kemudahan! Sampai dua kali ayat tersebut di ulang dalam satu surat. Lho ko urusan blog bawa-bawa ayat Alquran…? Bawa-bawa dalil segala…? Hehe :D, itu sebagai ilustrasi bahwa pengoperasian blog tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan sangat mudah!
Cara mudah untuk mengoperasikan blog diantaranya adalah ketika membuka browser internet maka akses (ketik) nama blog kamu di address bar, seperti halnya saat akan membuka friendster yang kita ketik adalah friendster.com, nah untuk awal mengoperasikan blog maka ketik nama blog kita di address bar browser, misalkan ketik namakamu.wordpress.com.
Lalu jika hendak login (masuk) ke dashboard blog kita maka klik login (masuk log) pada META pada sidebar (jika widget META sudah ada) namun jika widget META belum ada maka untuk masuk ke dashboard cukup menambahkan kalimat wp-login.php di akhir nama blog kita di address bar, contoh: labmumed.wordpress.com/wp-login.php lantas kita akan dibawa pada form untuk login dan diminta untuk memasukkan username dan password.
Di dashboard kita terlihat deretan menu Write, Manage, Design, Comments dan Upgrades, nah di atas nya ada nama (judul) blog kita lalu di samping kanannya ada tombol Visit Site (kunjungi situs). Disinilah kenapa saya merekomendasikan menggunakan browser firefox, jadi untuk melihat tampilan (homepage) blog kita tinggal klik kanan pada Visit Site lalu klik Open Link in New Tab, maka kita akan mempunyai dua tab pada browser; satu tab untuk dashboard dan tab kedua untuk homepage (tampilan blog).
Untuk menulis, mengedit, memilih design, menambah widget dan perubahan lainnya kita lakukan pada tab dashboard, sementara hasil perubahan pada dashboar kita refresh (klik F5 pada keyboard) pada tab kedua (homepage).
Pada praktikum lab mumed saya selalu merekomendasikan untuk menggunakan Interface language bahasa Inggris, kenapa? Karena untuk membiasakan menggunakan layanan lain di internet yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Namun jika Anda masih merasa kesulitan menggunakan bahasa Inggris pada blog wordpress, Anda bisa mengubah setting ke bahasa Indonesia pada dashboard User > Your Profile, nah pada Interface language silahkan pilih bahasa Indonesia.
Inti dari tulisan di atas bukan dari segi setting bahasa namun lebih kepada praktek! Sering-seringlah praktek dan mencoba menuliskan postingan-postingan yang kita kuasai, dengan sendirinya pengoperasian blog wordpress akan semakin mudah.
Demikian semoga bermanfaat.

1 komentar: